Click Here!

Friday 26 June 2015

Coelenterata

COELENTERATA
Coelentera dalah hewan hewan inteverbrata yang memiliki rongga tubuh serta mempunya sel penyengat. Coelenterata termasuk hewan yang tidak bertulang belakang (invertebrata). Makanan masuk melalui mulut kemudian masuk ke perut. Rongga tubuh digunakan sebagai tempat pencernaan makanan dan sebagai pengedar sari makanan dan sisa makanan dikeluarkan. Coelenterata memiliki sel penyengat terletak pada tentakel sekitar mulutnya.
Coelenterata memiliki 2 lapisan sel tunas, yaitu lapisan luar sebagai lapisan epidermis dan lapisan dalam sebagai gastrodermis, mempunyai satu lubang berfungsi sebagai mulut juga sebagai anus serta sel penyengat pada epidermisnya. Coelenterata mempunyai 2 bentuk tubuh yaitu bentuk polip dan medusa dalam siklus hidup nya seperti yang terjadi pada ubur-ubur anemon laut dan karang laut.

Ciri Coelenterata
Merupakan hewan yang memiliki rongga. Rangka dari zat kapur/tandus
Radial simetris dengan bentuk medusa dan polip
Tubuh nya memiliki 2 lapisan sel
Bersifat heterotrof dengan memakan plankton dan hewan kecil di air
Habitat di air laut maupun di air tawar
Lubang mulut dikelilingi oleh tentakel, pada permukaan tentakel terdapat kninoblas (sel beracun) yang mengandung kemotosita (sel penyengat).
Reproduksi coelenterata dolakukan 2 cara yaitu aseksual (vegetatif) membentuk tunas (kuncup) yang berbentuk polip sedangkan seksual (generatif) dengan penyatuan spermatozoa dan sel telur pada bagian medusa.

Coelenterata diklasifikasikan menjadi 3 kelas yaitu
Hydrozoa
Contohnya Hydra, Obelia, dan Physalia
Scyphozoa
Contohnya Cyanea, Chyaora, Fruttescens, dan Aurelia
Anthozoa
Contohnya Tubastrea, Acropora, dan Turbinaria
Peranan corlenterata dalam kehidupan
Coelenterata terutama kelas Anthozoa yaitu coral/karang merupakan komponen utama pembentukan terumbu karang yang nanti nya bisa ditempati beragam jenis hewan laut dan menjadi objek wisata yang mengguntungkan. Beberapa jenis ubur-ubur (jellyfish) yang tidak beracun dapat dikonsumsi dan diperdagangkan sebagai ubur" asin dan kerangka luar jenis coelenterata dapat digunakan sebagai hiasan akuarium.
www.sciencevidel.com

No comments:

Post a Comment